Tidak Seperti Ganjar dan Prabowo, Anies Dipandang Lebih Bebas buat Curi Start Kampanye Pemilihan presiden

  • Whatsapp

Tidak Seperti Ganjar dan Prabowo, Anies Dipandang Lebih Bebas buat Curi Start Kampanye Pemilihan presiden

Direktur Instansi Pengkajian Politik Nusakom Pratama Ari Junaedi memandang, Anies Baswedan punyai kesempatan semakin lebih besar buat curi start kampanye Pemilu Presiden (Pemilihan presiden) 2024.

Dibanding dengan 2 kompetitornya di bursa pemilihan presiden, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, Anies disebutkan lebih gesit dalam bermanuver politik.

“Harus dianggap intensif Anies memang lebih mobile karena bergerak ke mana saja dan tidak terlilit dengan norma kedudukan hingga ia bebas meneriakkan capres,” kata Ari ke Kompas.com, Senin (28/2/2023).

Menurut Ari, status Anies yang tidak kembali memegang sebagai Gubernur DKI Jakarta mempermudahnya untuk mempromokan diri.

Manuver begitu sedianya bukan hanya dilaksanakan Anies, tetapi juga beberapa figur yang digadangkan maju pada pemilu presiden kedepan seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Tetapi, berlainan dengan Anies, Ganjar dan Prabowo yang memegang di pemerintah harus runduk dengan norma sebagai petinggi negara hingga tidak dapat bebas tunjukkan kemampuan.

“Prabowo tak pernah langsung mengucapkan siap nyapres di komunitas kedinasan sebagai Menhan. Demikian pula Ganjar yang sadarkan diri jika dianya belum dicapreskan oleh PDI-P,” tutur Ari.

Di lain sisi, lepasnya Anies dari kedudukan pemerintah memaksakan untuk bersafari politik secara berdikari.

Sementara, Ganjar dengan posisinya sebagai Gubernur Jawa tengah dan Prabowo yang memegang sebagai Menteri Pertahanan diuntungkan oleh dampak petahana.

“Hingga semua aktivitas pemerintah dapat didompleng dengan aura kampanye,” tutur Ari.

Ari juga memandang, semua tindakan dan gerak-gerik Anies saat dideklarasikan sebagai calon presiden Nasdem tidak terlepas dari usahanya tingkatkan kepopuleran.

Usaha ini dipandang lumrah ingat tingkat elektoral bekas orang nomor satu di Ibu Kota Negara tersebut saat ini masih ketinggalan dari Ganjar dan Prabowo.

See also  Politisi Demokrat Berprasangka buruk Mahfud Punyai Pola Politik di Kembali Laporan Transaksi bisnis Rp 349 T

“Bermacam aktivitas, entahlah dibuntel bernama jumpa kader, pengesahan organisasi sukarelawan, permufakatan partai, sampai roadshow politik yang sudah dilakukan Anies dapat dibaca sebagai usahanya meningkatkan peringkat politiknya,” kata Ari.

Ari juga memandang, secara komunikasi politik, langsung turun ke lapangan berjumpa dengan warga masih jadi langkah yang paling efisien untuk mengangkat tingkat keterpilihan. Patut saja bila langkah banyak sekali dilaksanakan oleh beberapa calon calon presiden.

“Langkah ini mempunyai efektivitas yang tinggi ingat calon presiden sentuh langsung pemahaman khalayak. Lain dengan sosial media atau penimbulan pada media, seorang calon presiden cuma sukses dalam tahapan perjumpaan secara artifisial,” papar dosen Kampus Indonesia itu.

Seperti dijumpai, figur Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto lama digadangkan sebagai calon calon presiden Pemilu 2024.

Nama ke-3 nya selalu menempati di tiga besar kepopuleran figure calon presiden menurut survey beragam instansi. Terakhir, Ganjar kantongi tingkat elektoral paling tinggi menaklukkan Prabowo dan Anies.

Akan tetapi, Gubernur Jawa tengah itu sampai sekarang belum dideklarasikan sebagai calon calon presiden oleh partainya, PDI Perjuangan. Namun, namanya masuk ke bursa calon presiden beberapa parpol.

Sementara, semenjak Agustus 2022 lalu, Prabowo sudah umumkan persiapannya maju sebagai calon presiden Partai Gerindra. Partai yang ia memimpin juga telah sah bergabung dengan Partai Kebangunan Bangsa (PKB).

Disamping itu, figur Anies dideklarasikan sebagai calon presiden Partai Nasdem semenjak Oktober 2022. Terakhir, bekas Menteri Pengajaran dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mendapatkan support dari Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Adapun registrasi calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2024 baru dibuka KPU pada Oktober 2023.

Related posts